Sabtu, 23 Juni 2012

Tips Merawat Epson Agar Tahan Lama


1. jangan biarkan printer menganggur untuk jangka waktu yang lama, minimal lakukanlah print, minimal 2 kali dalam seminggu. Karena jika printer dibiarkan menganggur terlalu lama maka tinta pada nozzle akan mengering sehingga tidak bisa digunakan.
2. lakukan pembersihan nozzle head secara teratur dengan menggunakan fasilitas clean head ( aplikasinya sudah ada pada software printer )
3. bersihkan debu-debu yang menempel pada printer, tapi jangan menggunakan lap yang basah untuk membersihkannya. Juga jangan biarkan benda asing masuk ke dalam printer anda.
4. ketika mematikan printer, jangan langsung mencabut dari kabel printer, tetapi gunakanlah tombol on/off agar head printer kembali ke kedudukannya. Hal ini berguna untuk agar catridge tidak mudah mengering

4. Jangan mencabut kabel printer saat mematikan printer, tetapi gunakan tombol on/off sehingga saat dimatikan, head printer akan kembali ke kedudukannya sehingga tinta tidak mudah mengering.
5. Gunakanlah kertas yang halus saat mencetak, karena kertas yang terlipat dapat merusak roller printer jika tersangkut.
6. gunakanlah tisu jika ingin membesihkan bagian elektrik catridge seperti chip atau head, jangan menggunakan tangan telanjang karena listrik statis yang dihasilkan tubuh manusia dapat merusak komponen tersebut. Gunakanlah pula tisu dengan kualitas yang baik, karena tisu dengan kualitas jelek akan meninggalkan partikel kertas yang berpotensi menyumbat nozzle head.
7. jika menggunakan tinta refill, gunakanlah tinta refill dengan kualitas yang baik, dan jangan mengisi catridge terlalu penuh karena hali ini dapat menyebabkan kebocoran pada catridge dan akan merembet ke motherboard printer.
8. printer tidak boleh kosong tanpa catridge dalam waktu yang lama, karena hal ini akan mengakibatkan print head menjadi kering.
9. gunakanlah wastepad (buangan tinta) luar agar tinta tidak meleber ke dalam printer.
10. jangan anda membuka printer, karena komponen printer hanya di servis oleh orang-orang yang benar-benar ahli.

Demikian tips merawat printer supaya awet. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar