Senin, 18 Juni 2012

Reset Printer Canon IP1980 Secara Total




Indikasi printer Canon IP 1980 yang harus direset biasanya ditandai dengan lampu indikator berkelap-kelip dan muncul pesan “The ink absorber is almost full”.
Biasanya hal ini bisa diatasi dengan menekan tombol RESUME seperti yang diperintahkan dalam pesan tersebut. Tapi ini hanya akan bertahan sementara setelah beberapa saat printer akan kembali memunculkan pesan yang sama. Bahkan lama kelamaan lampu indikator hanya nge-blink saja, tidak bisa ngeprint sama sekali.
Hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi, hal ini terjadi karena di dalam printer terdapat waste ink tank yang berguna untuk tempat pembuangan tinta. Di dalamnya terdapat semacam busa yang berguna untuk menyerap tinta buangan dari catrid misalnya pada saat printer melakukan proses cleaning head.
Lalu pihak pabrikan membuat penghitungan print out dari printer dan saat mencapai batas “waste ink tank full” atau “ink absorber is full” terjadi dan biasa ditandai dengan indikator LED yang kelap-kelip.
Maka dari itu kita harus melakukan resetter printer. resetter printer dapat dilakukan secara manual ataupun menggunakan tool resetter. jika menggunakan cara manual kelemahannya adalah jika terjadi listrik mati maka printer akan kembali ke kondisi ink absorber is full dan printer harus direset ulang.
Berikut adalah cara untuk reset Canon IP1980 Secara Total

1. Download terlebih dahulu General Tool Canon IP1900 series,
2. Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
3. Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power
4. Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
5. Lepaskan kedua tombol.
6. Dalam tahap ini printer dalam kondisi temporary reset dan untuk meresetnya secara total, jalankan aplikasi General Tool Canon IP1900 yang telah Anda download.
     7. Tunggu sejenak sampai program mendeteksi adanya printer seperti terlihat pada gambar 


  1. Setelah printer terdeteksi, centang pilihan EEPROM Clear dan klik tombol Test Pattern 1
  2. Masukan kertas kosong karena printer akan segera melakukan print test.
  3. Setelah printer selesai ngeprint, klik tombol Main dan Platen kemudian klik tombol Quit untuk keluar.
Untuk mencobanya silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi, semoga berhasil dan anda tidak menemukan eror lagi seperti diatas.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar